Smart Lobying

Daftar Isi [Tutup]
    Menjual diri tidak bisa instant [lobbying], yah itu yang saya dapatkan dari awal ketika saya melek dengan internet, di mulai ketika saya menemukan sebuah halaman website formula bisnis.com. Tentang 3 langkah sederhana menghasilkan uang lewat internet. Saya mencoba tanya teman teman saya tentang mencari uang lewat internet, bukannya di jawab, saya malah di ketawain.

    Tapi saya tidak lantas menyerah dengan rasa ingin tahu saya mulai mempelajarinya. Dimulai dari minta tolong sama teman untuk di ajarin membuat email, bergabung dengan Formula bisnis.com, membaca artikel di Blognya Pak Joko Susilo, hingga terciptalah sebuah Blog Bisnis Muklis [BBM]. Masih bisa dibilang sederhana namun saya sangat senang karena dengan BBM, saya bisa mengenal dan berkomunikasi dengan teman walau jaraknya sangat jauh, yang tadinya boro boro kok terpikir bakal kenal, membayangkanpun tidak.


    Dan ternyata untuk dapat dikenal banyak orang, tidaklah semudah membalikan telapak tangan. Selain harus rajin meloby [bisa dengan bloging atau masuk ke forum] kita juga harus mempunyai sesuatu niatan yang tulus dengan segala konsekuensinya, baik waktu, pikiran bahkan biaya. Nah dari pengalaman inilah saya bisa kenal dengan Mas Arief, Mas Umar, Mas Zam, Mas Yanuar, Mas Agung, Mas Sumartono, dll yang tidak mungkin saya sebutkan satu satu.


    Meloby, enak di ucapkan tapi nyatanya butuh waktu yang cukup lama juga untuk bisa dikenal. Karena sangat erat kaitannya dengan pribadi juga sangat berhubungan denga nilai jual ibarat kata sebuah barang. Namun setiap orang pada dasarnya mempunyai aspek daya jual, baik seputar pengalaman, pengetahuan, ketrampilan, maupun visi. Tinggal bagaimana kita mengolahnya menjadi sesuatu yang menguntungkan baik untuk diri sendiri maupun orang lain. Bukan hanya masalah kita atau saya "mengenal" orang lain, tetapi juga "di kenal" oleh orang lain.

    Semua upaya ini tentunya perlu dilakukan jauh jauh hari, masih ingatkan awal kalimat awal artikel ini, bahwa menjual diri tidak bisa instant. Sehingga kita tidak terkesan sebagai orang yang hanya mau mendekati orang lain, bila ada maunya. Bila ingin populer, kegiatan networking perlu di jadikan kegiatan rutin dan mungkin bisa jadi gaya hidup. Kegiatan networking ini bisa dilakukan dengan berbagai cara, seminar, petemuan, kongkow bareng, yang paling mudah murah dan meriah ya blogging aja he..he…ini menurut saya lho dan untuk anda ya terserah anda tentunyakan.

    Jangan lupa bahwa target networking adalah dimilikinya sebuah jejaring pertemanan yang kuat. Disinilah kita berperan aktif memberikan kontribusi sesuai dengan kemampuan dan keahlian kita tentunya, menolong, saran, motivasi intinya kita berusaha memberikan dukungan bagi orang orang yang masuk dalam ruang lingkup network kita. Sehingga, bila suatu saat kita membutuhkan, dengan sendirinya orang lain, yang sudah berada dalam networking kita, otomatis akan memberikan dukungan. Karena pada dasarnya saya dan kita semua adalah mahluk sosial yang tidak bisa hidup hanya dengan diri sendiri

    Hanya bila networking kita kuat, maka kita bisa saling mendukung dan bertukar informasi yang berguna dan sebagai sarana memperluas jaringan bisnis yang di jalankan sekaligus melakukan lobi untukmendapatkan apa yang kita inginkan tanpa melanggar batas atau norma dalam aturan yang sudah baku baik dalam bisnis maupun pertemanan.

    Sekian coretan BBM kali ini, semoga bermanfaat, bila masih terdapat kata kata yang kurang pas atau malah tidak berbekan mohon di bukakan pintu maaf ya, terimakasih.
    Warm regards,  

    Muklis Purwanto 

    Semoga bisnis BBM selalu mendapatkan berkah, dan apapun bisnis Anda semoga selalu mendapatkan berkah juga, salam sukses semoga anda selalu sehat juga selalu bersemangat, amin.  


    23 comments:

    1. Bener Mas, dg networking kita menjadi banyak teman, asal rajin silaturahmi dan butuh proses agar orang mengunjungi balik. Yang penting usaha untuk memperkenalkan diri jangan terus berhenti...agar semua orang tahu keberadaan kita disini.
      Thank's komen di blog Mas.
      Salam sukses dan hangat juga

      ReplyDelete
    2. Kuncinya adalah mudah bergaul dgn sp saja ya mas utk memperluas networking.. :)

      ReplyDelete
    3. Smart lobying was smart article!

      Mas naro foto di mana? lewat mana?

      ReplyDelete
    4. "Smart Lobying", Waw...kedengarannya kren dan Inspiratif. Saya setuju dengan Mas Muklis, menjadi popular atau terkenal tidaklah semudah membalik telapak tangan. Perlu kerja keras dan ketekunan untuk mencapai semua itu. Jalan untuk menjadi terkenal amatlah banyak tetapi pilihlah jalan yang lurus tanpa harus mengorbankan idealisme dan nilai2 yang sdh tertanam pada diri. Selamat Mas Muklis, anda sekarang tampaknya sdh mulai terkenal he he he buktinya saya saja mengenal anda.

      ReplyDelete
    5. Dear Mas Win, salam sukses selalu mas terimakasih telah mampir, ya mas untuk di kenal orang kita harus mengenal orang dulu dengan bersilaturahmi, dan ternyata silaturahmi itu malah banyak lho untungnya selain tambah teman ternyata juga bisa menambah rejeki lho he...he...salam hangat dari BBM Mas Win

      ReplyDelete
    6. @ To Mas Ahmad Wasim,
      Terimakasih mas atas support dan mau berbagi pemikiran dengan BBM salam sukses selalu Mas Wasim

      @ To Mas Fachia, wah sangat beruntung saya mas, terimakasih telah meluangkan waktunya untuk bersilaturahmi dengan BBM, dan terimakasih atas tambahan ilmunya mas, salam sukses selalu untuk anda Mas Fachia

      ReplyDelete
    7. Dear Mas Lalu, terimakasih Mas telah mampir ke BBM juga sharenya di BBM makin menambah ilmu neh BBM, memang benar mas ga ada yang instany di dunia ini, yang katanya mie instant aja harus di masak dulu untuk bisa di makan, salam sukses selalu Mas Lalu

      ReplyDelete
    8. udah lupa sama mas hengky yah??? hahahah

      ReplyDelete
    9. networking ibarat kita sedang membangun rumah, jika pembagian komposisi pondasi nggak rata, pasti roboh.
      disinilah kita sedang bertukar informasi, supaya ilmu yang didapat semakin komplit dan networking semakin kuat.
      TOP artikel mas.
      udah lama neh saya gak mampir kesini.
      ada salam dari pak selamet sama pak bejo mas hehe...

      ReplyDelete
    10. Dear Mas Hengky alias Kang Hengky, walah kumaha damang atuh kang, nuhun telah menyempatkan diri mampir ke BBM, tidak atuh kang mang lagi sok sibuk sendiri he...he...salam sukses dan slam hangat dari BBM ya Kang Heng...ky

      ReplyDelete
    11. Sepakat mas, salah satu keuntungan bisnis internet adalah kita bisa menjaring patner bisnis seluas-luasnya hanya dengan duduk didepan komputer...sangat luar biasa..
      Nice post mas muklis,

      salam sukses untuk anda

      ReplyDelete
    12. Salam sukses Rekan rekan BBM sekalian,

      @ To Mas Rusli Zainal, terimakasih telah berkenan mampir di BBM, salam sukses selalu mas Rusli.

      @ To Mas Ricky, terimakasih atas sharenya Mas, kata kata yang keren Mas "salah satu keuntungan bisnis internet adalah kita bisa menjaring patner bisnis seluas-luasnya hanya dengan duduk didepan komputer" salam sukses Mas Ricky

      ReplyDelete
    13. wah bagus banget artikelnya... bener tuh untuk dikenal butuh perjuangan...

      -reza fauzi-

      ReplyDelete
    14. Dear Mas reza Fauzi, terimakasih telah mampir salam sukses selalu, yap semua butuh perjuangan walau hanya untuk sekedar di kenal ya Mas Fauzi, salam sukses untuk anda

      ReplyDelete
    15. AnonymousJune 20, 2009

      Saya setuju sekali. Bisnis memang bukan semata meletakkan uang sebagai tujuan. Justru, menurut saya, uang adalah konsekuensi dari hubungan pertemanan dan saling percaya.

      ReplyDelete
    16. Dear Mas Karumbu, terimakasih telah berkunjung ke BBM, betuk mas uang bukanlah segalanya memang uang sangat vital, tapi klo tidak hati hati pertemanan akan hancur gara gara uang, terimakasih mas atas sharenya, salam sukses selalu

      ReplyDelete
    17. keren abis neh mas.. btw ikutan kontes joko?

      ReplyDelete
    18. komentar ae ah...........

      ReplyDelete
    19. Terimakasih kawan affiliasi, telah meluangkan waktu main ke BBM salam kenal dan salam sukses untuk anda

      ReplyDelete
    20. aku berdo'a semoga di masa yang akan datang blog mu menjadi yang terdepan

      ReplyDelete
    21. Salah satu cara memperluas net working ya seperti ini jalan2 ninggalin nama alamat dan komentar...y g?...
      Salam sukses selalu mas

      ReplyDelete
    22. Nah, bener banget nih lobying juga butuh skill, nggak bisa asal2an, karena yang asal2an itu yang sering gagal

      ReplyDelete